Adventure Time - BMO

Thursday, December 3, 2015

Sejarah, Filosofi, dan Resep Terang Bulan

Terang Bulan
·         Sejarah
Berbeda dengan Martabak yang berasal dari India, makanan ini sebenarnya asli kuliner Nusantara, diduga berasal dari kue Hok Lo, yang diciptakan oleh orang-orang suku Hakka (Khek) yg banyak bermukim di P. Bangka & P. Belitung. Arti kata Hok Lo Pan adalah Kue Orang Hok Lo. Padahal orang  suku Hok Lo berbeda dengan suku Hakka.
Ada 2 yang pertama, dengan menggunakan kata Hok Lo  karena suku Hok Lo lebih terkenal, dan gengsi dari kue tersebut lebih tinggi. Kedua, kue ini jenis merupakan jenis baru, yang belum pernah ada sebelumnya di Tiongkok maupun di Bangka Belitung.
Nama kue ini bervariasi dari satu tempat ke tempat lain. Di Semarang kue ini dikenal dengan sebutan Kue Bandung. Padahal ku ini bukan makanan khas dari kota Bandung. Mengapa demikian? Sejarahnya adalah bahwa kue tersebut dibuat oleh orang Bangka yang menetap di Semarang, yaitu keluarga Cen, generasi ke-4 dari leluhur yang bernama Cen Khian Sam. Keluarga Cen ini berjualan martabak manis di Jalan Gajah Mada, bersebelahan dengan seseorang dari suku Hakka bernama Moi Yan yang menjual Mie Bandung, yang sangat laris di masanya. Agar kue ini juga ikut laris seperti Mie Bandung, maka kue ini disebut Kue Bandung.
Di Yogyakarta dan sebagian besar Indonesia bagian Timur, orang menamakannya Kue bulan atau terang bulan, karena bentuknya yg bulat seperti bulan. Di Indonesia bagian Timur, penggemarnya merasa bingung mengapa kue ini dinamakan "martabak" ini berbeda dengan makanan lain yang juga bernama martabak. Namun bagi daerah yang terbiasa menamakannya martabak manis, maka kue ini terbagi dua menjadi martabak manis dan martabak telur.
Di Malaysia penganan ini dinamakan apam balik, kue atau martabak terang bulan, Martabak Bangka, kue pinang, kue bandung, atau Martabak Jepang. Di Pontianak makanan ini dinamakan apam pinang.

·         Resep
Bahan-bahan
                                       ¼ kg tepung terigu
                                         2 butir telur ayam
                                       ½ sendok makan fernipan
                                         1 sendok teh baking powder
                                         1 sendok teh vanili
                                        2 ½ sendok makan gula pasir
                                        Air secukupnya
                                       Susu kental manis putih
                                       Meisess coklat secukupnya
Cara Membuat Terang Bulan Mini
1.      Pertama-tama campurkan tepung terigu, telur ayam, fernipan gula dan vanili, mixer hingga semua tercampu rata. Tutupi adonan dengan kain dan biarkan selama kkurang lebih 30 menit.
2.      Selanjutnya panaskan cetakan, olesi dengan margarin tipis dan merata, agar nantinya tidak lengket.
3.      Berikutnya buka adonan, dan tambahkan baking powder. Aduk hingga tercampur rata seluruh adonan. Lalu tuang adonan kedalam cetakan dan tunggu hingga matang. Angkat

4.      Terakhir, beri taburan meisess diatas kue, lalu tambahkan susu kental manis diatasnya. Dan kue terang bulan mini siap untuk dihidangkan.

No comments:

Post a Comment